Your browser (Internet Explorer 6) is out of date. It has known security flaws and may not display all features of this and other websites. Learn how to update your browser.
X
Articles

Hal yang Kecil, Dapat Membuat Dampak yang Besar

Dalam hidup, kita pasti sering mendapat persoalan atau masalah. Dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar.

Begitu pula dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita seringkali tidak memperhatikan hal-hal yang kita lihat itu adalah hal yang kecil. Padahal, hal kecil itu dapat membuat masalah yang sangat besar.

Contohnya begini. Pada suatu hari ada seorang supir kontainer yang ingin mengantar barang furniture jati antik ke luar kota. Sebelum berangkat, sang supir pun mengecek semua keadaan kontainer tersebut. Setelah selesai mengecek, supir itu pun berangkat menuju tempat tujuan. Di perjalanan, terjadilah hujan badai yang sangat deras.

Supir tersebut terus melaju dan melaju tanpa peduli dengan keadaan di sekelilingnya. Setelah jalan selama 3 hari, akhirnya tiba juga sang supir di tempat tujuan. Pada saat dia membuka pintu belakang kontainer, betapa kagetnya dia bahwa semua furniture antiknya sudah lapuk dan rusak. Kerugiannya mencapai milyaran rupiah.

Setelah diselidiki ternyata ada lubang kecil di atap kontainer tersebut. Andai sang supir lebih teliti di awal perjalanan atau menselotip lubang tersebut, maka kerugian besar tersebut tidak akan terjadi.

Dari kisah cerita diatas kita belajar bahwa setiap hal yang kecil harus diperhatikan. Jangan meremehkan hal yang kecil, karena hal yang kecil dapat membuat dampak yang besar.

VH

Leave a comment  

name*

email*

website

Submit comment